Selamat Dari Fitnah Akhir Zaman Part 2

Oleh Ustadz Adrial | Jun 16, 2017

Shalat berjamaah, baca Al-Qur’an, semangat menjadi panitia pengajian harus karena Allah jika tidak, maka akan menjadi tidak istiqomah. Ketika melaksanakan sunnah-sunnah Rasullulah SAW dalam kehidupan sehari-hari ini kesempatan yang berharga karena sunnah adalah sumber keselamatan bagi umat manusia. Menurut Imam Malik mengatakan “ Sunnah itu merupakan perahunya Nabi Nuh, siapa yang menaikki perahu Nabi Nuh maka akan selamat, dan siapa yang meninggalakan perahu Nabi Nuh maka akan tenggelam dan binasa.” Berjamaah tarawih merupakan hal sunnah , tapi agar dapat menjalankan secara istiqomah maka kita harus niat dan ikhlas. Orag yang duduk lebih baik dariorang yang berdiri, orang yang berjalan lebih baik dari orang yang berlari, orang yang tidur lebih baik dari rang yang duduk. Semakin mendekati fitnah maka tidak akan selamat jika dalam massa fitnah. Kunci terselamatkan dari fitnah :

1.   Bepregang teguh pada Al-Qur’an

Rasullullag SAW mengatakan “Umat ini akan terus binasa, jatuh, rusak kalau di tidak berpegang teguh pada agama, sampai kalian kembali pada ajaran agama kalian yaitu AL-Qur’an dan Sunnah karena merupakan sumber keselamatan.” Digambarkan umat-umat terdahulu dan bagaimana yang akan dihadapi mendatang sehingga akan tau akan mengahdapi apa saja di akhir zaman dan akan tau  bagaimana penyelesaiannya sebagimana yang kita dapatkan. Kita akan tau bagaimana akan selamat tentunya ingat agama yang ingat Al-qur’an dan sunnah. Lihat dari dalil-dalil hal itu merupakan kunci keselamatan bagi manusia

 

2.   Pilihlah guru-guru yang benar

Kebrkahan itu bersama orang-orang yang tua bersama kalian. Makna tu ada 2 yaitu tua umur karena memiliki pengalaman-pengalaman karena mengetahui trik agar sukses dalam ujian. Kedua tua ilmunya, karena menguasai ilmu-ilmunya dan tentunya terangkum pada hal kedua ini maka inilah yang kita cari agar terselamatkan di dunia ini.

 

3.   Subukkanlah dengan ibadah

Jika ada fitnah di dunia ini maka sibukkanlah segala kegiatan dengan ibadah janganlah ikut campur. Beribadah ketika massa rusuh atau fitnah, kekacauan maka seperti berhijrah menurut Rasullullah SAW dan berdoa kepada Allah SWT, karena fitnah harus dijauhi. Jika ujian datang maka hadapi jangan kabur karena kita merasa ditantang bukan menantang.

 

4.   Berpegang teguh pada Al-Jama’ah

Pada asalnya yaitu sahabat-sahabat Rasullullah SAW karena kebenaran. Rasullullah sumber kebenaran makna lannya yaitu berada diatas kepemimpinan yang sah. Sehingga terlarang memberontak kepadanya. Karena orang yang akan bisa memberikan kenyamanan dan keamanan. Allah telah memberikan kenyamanan dan keamanan bagi umat manusia sehingga dilarang keluar dari ketaatan pada Allah karena tidak bertentangan dengan syariah.

Artikel lain