Olah Ruh : Menjadi Pemenang

Oleh Ustadz Akhmad Tefur Sayidi | May 24, 2018

Adapun ‘GOAL’ pada kajian hari ini adalah mengetahui arti kemenangan dan bagaimana cara meraih kemenangan itu.

Dalam surat Al-Imran ayat 185, diuraikan mengenai makna kemenangan yang sebenarnya, berbunyi:

Kullu nafsin thaiqatu almawti wainnama tuwaffawna ojoorakum yawma alqiyamati faman zuhziha AAani alnnari waodkhila aljannata faqad faza wama alhayatu alddunya illa mataAAu alghuroori.

Artinya :

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan, sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

 

Pada ayat diatas memiliki arti mengenai kemenangan dan kesuksesan seorang muslim yaitu dijauhkan dari siksaan api neraka dan memohon dibukakan pintu surga yang selebar-lebarnya. Dengan Shalat Arabain, seorang muslim dapat dijauhkan dari api neraka. Shalat Arbain adalah melaksanakan shalat selama empat puluh hari di Masjid secara berturut-turut dan tidak sekalipun tertinggal tabiratul ihram bersama imam.

 

Lalu, bagaimana cara meraih menjadi pemenang?

  1. Motivasi
  2. Rencana
  3. Tindakan
  4. Evaluasi

 

Dibulan penuh rahmat dan keberkahan ini, kita harus memotivasi diri kita agar jadi pemenang yang sesungguhnya dan mendapatkan manfaat dari berpuasa. Manfaat berpuasa antara lain:  

 

1. Puasa itu Dahsyat

Salah satu penyebab Nabi Daud memenangkan perang tolut, dan mengalahkan raksasa yang bernama Jalut adalah pada saat itu Nabi sedang berpuasa. Nabi Daud merupakan orang yang terkuat, karena Nabi Daud orang yang paling banyak berpuasa. Jadi dengan berpuasa, kita (khususnya umat islam) akan menjadi kuat.

Puasa juga dapat meningkatkan hormon HGH (Human Growth Hormone) didalam tubuh. Dimana fungsi hormon HGH adalah:

  • Meningkatkan kadar tenaga
  • Meningkatkan fungsi Otak
  • Mengatasi penuaan dini
  • Membangun otot
  • Mencegah Osteoporosis
  • Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh
  • Meningkatkan daya penglihatan dan ingatan
  • Meningkatkan kepadatan kulit

 

2. Doanya orang berpuasa yang dikabulkan

Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana orang beriman mempunyai kesempatan begitu luas untuk berdoa kepada Allah SWT. Dan waktu-waktu mustajab (saat doa berpeluang besar dikabulkan Allah) tersebar dalam beberapa momen khusus sepanjang Ramadhan.

 

3. Pahala Berlipat Ganda

Menurut Hadits Shahih Ibnu Khuzaimah “Barang siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan, maka ibadah sunnahnya diganjar seperti ibadah wajib dan Ibadah wajibnya dilipat gandakan menjadi 70 kali lipat.”. Bahkan pada malam yang spesial di bulan Ramadhan, yaitu Malam Lailatul Qadar. Ibadah seorang muslim akan digandakan menjadi 70.000 kali lipat.

Mudah-mudahan dengan keberkahan ibadah puasa Ramadhan tahun ini kita dapat meraih kebahagian yang hakiki, kebahagian hidup dalam ketaatan kepada Allah di dunia, begitu juga kebahagian abadi di akhirat saat bertemu dengan Rabbul ‘aalamin. Amin.

 

Untuk mendownload materi diatas, silakan klik : disini

Artikel lain