Manfaat Menghafal Ilmu Al qur’an

Oleh Ust, Dadang | Dec 15, 2017

Al-Quran diturunkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah untuk seluruh umat manusia sampai nanti akhir zaman, maka membaca Al-Quran bagi umat Islam adalah rutin dilakukan karena Nabi Muhammad pun telah memerintahkan umatnya untuk membiasakan membaca Al-Quran dan memberi kabar baik bagi mereka yang selalu membacanya.

Setiap Alqur’an setidaknya memiliki kurang lebih 600 halaman, paling banyak 604 halaman. Jadi apabila anda ingin khatam quran dalam sebulan maka anda harus membaca alquran perhari 20 halaman, bila 20 halaman sekaligus terasa berat maka bagilah ke dalam 5 waktu sholat. Perwaktu sholat anda bisa membaca 4 halaman, jika masih terasa berat juga maka di bagi menjadi di awal waktu sholat dan di akhir waktu sholat yaitu 2 halaman-2 halaman.

Adapun manfaat dan keutamaan membaca Alquran di antaranya adalah untuk hudan (petunjuk), bayan (sumber informasi atau penjelasan), syifa’ (penyembuh), Al-Furqan (pembeda antara mana yang benar dan mana yang salah), rahmat, dan mau’idzah (petuah atau nasihat).

Manfaat apabila saudara mau menghafal, membaca dan menulis Al-quran ‘one day one juz’ maka saudara akan mendapatkan manfaat-manfaat yang luar biasa tersebut. Jika anda dapat memahami dan mengamalkannya maka akan menjadi berkah. Karena ilmu bila tidak diamalkan ibarat pohon tidak berbuah, maka perlu diamalkan agar menjadi pohon yang berbuah dan menjadi buah kenikmatan.

Artikel lain