Keutamaan Dalam Berinfaq

Oleh Ust, Dadang | Feb 14, 2018

Allah memberikan banyak nikmat kepada kita sebagai hambanya, sehingga kita tidak akan pernah mampu menghitungnya. Harta dan rezki merupakan sebagian nikmat terbesar yang dianugerahkan Allah kepada kita. Harta itu merupakan harta Allah yang diberikan kepada hamba-Nya.

Dengan harta kita juga diuji, apakah kita mampu mensyukuri atau ingkar kepadaNya, maka dari itu kita dianjurkan untuk berinfaq sebagai bukti bahwa kita mensyukuri rezki yang Allah berikan. Allah berfirman :

“Yaa aiyuhal ladziina aamanuu anfiquu mimmaa razaqnaakum min qabli aiya’tiya yaumun laa bai’un fiihi walaa khullatun walaa syafaa-‘ah. Wal kaafiruuna humuzh zhaalimuun”

Wahai orang orang yang beriman. Infakkanlah sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan dan tidak ada lagi syafaat. Orang orang kafir itulah orang yang zhalim. (Q.S al Baqarah 254).

Infaq sendiri berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta) untuk dipergunakan kepentingan orang banyak. Menurut istilah infaq adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan untuk satu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam. Infaq dikeluarkan oleh setiap orang yang beriman, baik yang berpenghasilan tinggi maupun rendah, apakah ia dalam kondisi lapang maupun sempit, karena infak adalah salah satu amal soleh yang utama dan akan mendapat balasan yang sangat banyak dari Allah SWT. Banyak sekali keutamaan apabila kita berinfak di jalan Allah, dan keutamaan berinfak dan bersedekah itu antara lain : 

1. Dibalas berlipat ganda.

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui. (Q.S al Baqarah 261).  Maka janganlah kalian berpraduga salah bahwa berinfak itu termasuk hal yang dapat mengurangi rezki. Bahkan Allah menjanjikan akan memberi ganti untuk orang orang yang berinfak.

2. Salah satu tanda orang bertakwa.

Ketahuilah bahwa tanda tanda orang yang bertakwa adalah sangat banyak dijelaskan dalam al Qur an. Termasuk diantaranya adalah orang orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah.

3. Jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sungguh sangatlah banyak jalan untuk bagi seorang hamba untuk mendekatkan dirinya kepada Allah Ta’ala. Diantaranya adalah dengan banyak berinfaq. Allah berfirman :

“Alaa innahaa qurbatun lahum, sayudkhilu humullahu fi rahmatihii, innallahu ghafuurur rahiim”.

Ketahuilah, sesungguhnya infak itu suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukkan mereka kedalam rahmat (surga) Nya. Sesungguhnya Allah Mahapengampun, Mahapenyayang. (Q.S at Taubah 99)

4. Harta tidak berkurang dengan sedekah.

Sangatlah banyak orang yang hartanya habis tersebab bisnisnya yang selalu rugi dan berapa banyak pula orang hartanya habis karena judi ataupun musibah. Tapi tidaklah pernah kita mendengar seseorang jatuh miskin karena kebanyakan berzakat, berinfak dan bersedekah. Kenapa bisa demikian. Ya begitulah, karena Rasulullah telah memberikan jaminan dalam sabda beliau bahwa harta seorang hamba tidak akan berkurang dengan sedekah. (H.R Imam Ahmad dan Imam at Tirmidzi). Bahkan Allah akan menerima dan menumbuhkannya.

5. Sedekah menghilangkan panasnya kubur dan naungan pada hari Kiamat.

Rasulullah bersabda bahwa sesungguhnya sedekah itu memadamkan panasnya kubur bagi penghuninya dan seorang mukmin hanya bernaung dibawah naungan sedekahnya pada hari Kiamat (H.R ath Thabrani,lihat at Targhib wa at Tarhib)

6. Mendatangkan pertolongan Allah SWT

Sungguh kita sangat membutuhkan pertolongan Allah, Allah tempat kita bergantung. Diantara cara untuk mendapatkan pertolongan Allah adalah dengan membantu orang lain termasuk membantu dengan harta. Diantara perbuatan baik yang dapat dilakukan sorang hamba adalah berinfak atau bersedekah kepada saudaranya yang membutuhkan. Sungguh ini adalah pertolongan yang nyata dan Allah pasti akan memberikan balasan yang terbaik. Allah berfirman :

“Lan tanaalul birra hattaa tunfiquu mimmaa tuhibbuun, wa maa tunfiquu min syai-in fa innallaha bihii ‘aliim” Benar benar kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apapun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh Allah Mahamengetahui. (Q.S Ali Imran 92)

Artikel lain