Keistimewaan Bulan Syawal

Oleh Ustadz Taufik Daud | Jul 06, 2018

Setelah melewati bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan, selanjutnya kita memasuki bulan Syawal, dimana bulan Syawal ini merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan Hijriah. Secara arti, Syawal merupakan bulan Peningkatan. Yakni, meningkatkan ibadah sebagai hasil dari latihan selama bulan Ramadhan. Umat Islam juga diharapkan mampu meningkatkan amal kebaikannya pada bulan ini, sebagaimana yang ia lakukan pada bulan Ramadhan.

 

Berikut ini adalah keistimewaan bulan Syawal :

1. Berpuasa pada Bulan Syawal Bagaikan Setahun Penuh

Setelah hari raya, Nabi menganjurkan umatnya untuk berpuasa di bulan Syawal. Puasa ini dianjurkan selama enam hari. Dalam hadits disebutkan bahwa :

Dari Abu Ayyub Al Anshari berkata, bahwa Nabi bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan, kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka bagai berpuasa selama setahun penuh.” (HR. Muslim)

Betapa istimewa puasa dibulan Syawal ini, sehingga mendapat ganjaran pahala selama satu tahun penuh.

2. Bulan Fitrah

Bulan Syawal merupakan bulan kembalinya umat islam kepada fitrah, diampuni dosanya setelah melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dengan datangnya bulan Syawal, membawa berkah kemenangan bagi umat islam yang menjalani ibadah puasa sepanjang bulan Ramadhan. Karena, dirinya telah mampu melawan peperangan yang terbesar, yaitu melawan hawa nafsu.

 

Itulah beberapa contoh bulan Syawal tidak sepantasnya membuat ibadah dan kualitas diri kita menjadi turun. Seharusnya dengan makna Syawal, maka kita seharusnya mengalami peningkatan baik dari kualitas ibadah dan diri.

Artikel lain